Pemantauan Lingkungan  Dalam Pengelolaan AMDAL

Pemantauan lingkungan dalam pengelolaan AMDAL meliputi seluruh aspek yang terkait secara langsung maupun secara tidak langsung dalam pengelolaan AMDAL suatu proyek. Pemantauan lingkungan merupakan suatu usaha analisis berbagai dampak lingkungan yang terjadi pada berbagai aspek lingkungan. Oleh karenanya, pemantauan  lingkungan ini menyangkut aspek biologis secara menyeluruh dalam hal ini yakni seluruh makhluk hidup yang terdapat didalam suatu proyek pengelolaan AMDAL, aspek sosial ekonomi dan aspek sosial budaya. Ketiga aspek tersebut menjadi pemantauan lingkungan atau lingkungan yang dikaji sesuai prosedur AMDAL. Ketiga aspek tersebut juga merupakan bahan kajian AMDAL yang digunakan sebagai tolok ukur penanganan AMDAL dalam sebuah proyek. Apa saja pemantauan lingkungan yang menyangkup aspek biologi, sosial ekonomi dan budaya? Berikut ialah penjelasan mengenai aspek pemantauan lingkungan yang terdapat dalam pengelolaan AMDAL.

 

Komponen Biologis

Komponen biologis menjadi pemantauan lingkungan terluas dalam pengelolaan AMDAL. Hal ini karena komponen biologis meliputi seluruh komponen makhluk hidup yang terdapat di lingkungan proyek. Oleh karenanya pemantauan lingkungan secara biologi diperlukan guna mengetahui penanganan AMDAL yang diperlukan untuk berbagai dampak yang mungkin timbul. Aspek komponen biologis terdiri dari komponen biotis, abiotis, interaksi komunitas dan pertukaran materi. Aspek biologis ini kemudian diperinci kembali dengan pemantauan lingkungan mengenai daya dukung lingkungan, areal yang bernilai pendidikan dan perngaruh beberapa pencemaran. Pemantauan liingkungan tersebut berdifat menyeluruh dan komprehensif yang merujuk pada suatu standar penanganan AMDAL tertentu.

 

Komponen Sosial-Ekonomi-Budaya

Komponen sosial-ekonomi- budaya menjadi salah satu pemantauan lingkungan yang penting dalam prosedur AMDAL. Komponen sosial ekonomi yang penting ialah mengenao pola perkembangan penduduk, pola perkembangan ekonomi dan perpindahan serta pendapatan masyarakat. Pemantauan lingkungan pada aspek sosial ekonomi sangat penting dilakukan karena menyangkut individu manusia yang tinggal di sekitar proyek. Persepsi masyarakat dan fasilitas yang perlu diberikan agar dapat menjadi solusi bagi dampak pencemaran yang ditimbulkan. Sedangkan komponen sosial budaya menekankan pada pelestarian berbagai situs, benda dan tempat0tempat bersejarah yang penting untuk dilestarikan. Pemantauan lingkungan terhadap aspek sosial udaya akan memberikan berbagai fasilitas bagi pengembangan dan perliindungan makhluk hidup tertentu yang terancam karena adanya pembangunan dan aktivitas proyek.

 

Posted in Informasi and tagged , , , , , , , , .