studi kelayakan rumah sakit

Penyusunan Studi Kelayakan (fs) Untuk Rumah Sakit

Ada banyak contoh penyusunan studi kelayakan (fs) untuk beragam keperluan. Jika anda ingin menguji kelayakan sebuah rumah sakit maka yang anda butuhkan adalah mencari pedoman untuk penyusunan studi kelayakan terlebih dahulu. Ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan. Studi kelayakan ini tentu saja mempunyai tujuan. Jika anda ingin melakukan studi kelayakan di rumah sakit maka tujuannya adalah untuk mengembangkan rumah sakit menjadi lebih baik sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kondisi keuangan rumah sakit dan lain sebagainya. Studi kelayakan juga bisa dilakukan untuk mendirikan rumah sakit yang lainnya sehingga kualitasnya akan jauh lebih baik.

 

Aspek Penyusunan Studi Kelayakan

Sebelum akhirnya anda mulai melakukan penyusunan studi kelayakan (fs) untuk sebuah rumah sakit, anda harus mempertimbangkan beberapa aspek yang akan mempengaruhi proses penyusunan tersebut. Ada dua aspek yang harus anda pertimbangkan yaitu aspek internal dan juga aspek eksternal. Aspek internal meliputi sarana kesehatan, teknologi, SDM yang ada di rumah sakit, organisasi, pola penyakit di rumah sakit, kinerja dan juga keuangan serta hal-hal lainnya. Sedangkan aspek eksternal meliputi demografi, ketenagakerjaan, kebijakan, geografi, kesehatan, sosekbud dan lain sebagainya. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan dan tentunya anda harus menerapkan pola langkah tersebut agar sukses menyusun studi kelayakan.

 

Langkah Penyusunan Studi Kelayakan

Dalam menyusun sebuah studi kelayakan, anda harus mulai dengan persiapan data terlebih dahulu. Anda harus menyiapkan dan mengumpulkan data baik data primer maupun data sekunder. Data primer meliputi observasi lapangan, observasi kondisi, observasi potensi dan lain sebagainya. Sedangkan data sekunder meliputi literature yang digunakan serta standar atau pedoman dan ketentuan lainnya, Setelah data terkumpul, langkah lainnya adalah melakukan analisa baik analisa situasi, analisa kelayakan, analisa keuangan dan analisa permintaan. Setelah itu barulah mencari kesimpulan dan rekomendasi kelayakan.  Anda harus teliti dalam mengumpulkan semua data dan analisa sehingga studi anda ini benar-benar memberikan manfaat bagi anda dan benar-benar bisa membantu tercapainya tujuan dari penyusunan studi ini. Anda bisa mencari informasi tentang penyusunan studi kelayakan (fs) untuk rumah sakit di beberapa sumber.

Posted in Blog and tagged , , .