Peran Konsultan Lingkungan Dalam Prosedur AMDAL

Prosedur analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) sangat dibutuhkan bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang mengupayakan pelestarian lingkungan. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, meubel dan aneka usaha lainnya diwajibkan oleh pemerintah untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan. Oleh karenanya dibutuhkan konsultan lingkungan agar sebuah perusahaan tersebut dapat berdiri sesuai ijin pemerintah. Jika Anda ingin mendirikan sebuah perusahaan yang akan mengembangkan dan menginvestasikan usaha dalam bidang yang membutuhkan upaya pelestarian lingkungan sebagai persyaratan wajib pemerintah yang harus dipenuhi maka sebelum Anda mendirikan perusahaan, Anda perlu melakukan prosedur analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL). Peran penting konsultan sangat dibutuhkan dalam prosedur AMDAL. Bagaimanakah prosedur AMDAL pada sebuah perusahaan dan apa peran dari konsultan? Berikut pembahasan mengenai peran konsultan lingkungan dalam prosedur AMDAL.

Mengapa Butuh Konsultan Lingkungan?

Perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan dimana upaya pelestarian lingkungan menjadi salah satu persyaratan wajib dari pemerintah harus melakukan prosedur AMDAL terlebih dahulu. Prosedur AMDAL ialah suatu cara yang digunakan untuk menganalisis dampak lingkungan terhadap suatu aktivitas manusia. Prosedur AMDAL dalam perijinan perusahaan ini sangat penting, hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerugian yang dialami oleh masyarakat sekitar. Perusahaan yang menjalani prosedur AMDAL akan memerlukan seorang konsultan lingkungan. Dalam tugasnya, konsultan lingkungan akan memberikan gambaran berbagai analisis dampak lingkungan terhadap suatu proyek. Konsultan lingkungan akan memberikan keterangan mengenai dampak aktivitas perusahaan sesuai dengan bidang-bidang yang terkait sehingga perijinan perusahaan dapat diajukan.

Peran Konsultan Lingkungan.

Peran konsultan lingkungan dalam prosedur analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) sangat strategis dalam proses perijinan perusahaan. Seorang konsultan lingkungan akan melakukan analisis berbagai bidang yang terkait dalam aktivitas perusahaan. Konsultan lingkungan juga akan memberikan berbagai solusi bagi penanganan dampak lingkungan yang akan ditimbulkan. Proses ini sangat penting bagi pengajuan perijinan perusahaan karena menjadi bahan pertimbangan utama. Perusahaan tersebut dapat mendapat perijinan apabila terdapat penanganan dampak lingkungan secara strategis dan solutif sehingga keberadaan perusahaan tersebut tidak merugikan kelestarian lingkungan. Konsultan lingkungan disini tak hanya berhubungan dengan para pemegang ijin saja akan tetapi berhubungan dengan masyarakat sekitar yang terkait dengan perusahaan sehingga perannya dalam prosedur AMDAL ialah sebagai pengumpul informasi dan penyedia solusi bagi penanganan dampak lingkungan yang mungkin terjadi.

Posted in Informasi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , .