tpa

Perencanaan Manajemen Sampah/TPA Dengan Metode Bank Sampah

Jumlah limbah padat saat ini terus mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari penumpukan sampah di sejumlah tempat pembuangan akhir (TPA). Penumpukan sampah ini mengakibatkan berbagai dampak terhadap lingkungan. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari penumpukan sampah ialah pencemaran lingkungan. Pencemaran linkungan  ini mengganggu rutinitas warga karena penumpukan sampah menimbulkan bau yang tidak sedap dan menimbulkan lingkungan menjadi tidak sehat. Diperlukan suatu tindakan manajemen pengelolaan sampah agar sampah yang terdapat di tempat pembuangan akhir tidak dibiarkan menumpuk begitu saja. Salah satu perencanaan manajemen sampah/TPA yang berhasil dilakukan ialah dengan menggunakan konsep bank sampah. Bagaimanakah konsep bank sampah untuk mengelola sampah? Berikut penjelasan mengenai konsep perencanaan manajemen sampah/TPA melalui bank sampah.

Perencanaan Manajemen Sampah/TPA

Salah satu usaha pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah ialah melakukan tindakan pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah yang dilakukan saat ini masih berupa sistem 3 R yakni Reuse, Recycle, dan Reduce. Pengelolaan dengan sistem 3 R ini dinilai masih merupakan perencanaan manajemen sampah/TPA yang masih sederhana sehingga belum membawa efek yang signifikan terhadap jumlah sampah yang terdapat di tempat pembuangan akhir. Langkah dan tahapan dalam perencanaan manajemen sampah/TPA di daerah-daerah belum dilaksanakan dengan maksimal. Program membuang sampah sesuai dengan jenisnya belum dilaksanakan dengan baik sehingga menyulitkan proses pengelolaan sampah. Perencanaan manajemen sampah/TPA yang dilakukan seharusnya merupakan suatu kesatuan yang utuh menyentuh berbagai elemen masyarakat sehingga program pengelolaan sampah menjadi efektif.

Konsep Bank Sampah dalam Pengelolaan Sampah

Konsep bank sampah sebagai salah satu bentuk inovasi pengelolaan sampah merupakan salah satu terobosan yang efektif untuk dilaksanakan. Sistem ini melibatkan elemen masyarakat secara aktif. Tak hanya itu, program ini menjadi menarik karena didasari oleh sistem menabung sampah sehingga membuat warga menjadi tertarik. Sistem bank sampah ialah suatu wadah tabungan sampah warga yang dikelola oleh setiap TPA dalam daerah. Perencanaan manajemen sampah/TPA dengan menggunakan banka sampah ialah setiap warga akan dengan konsisten memisahkan sampah di rumahnya dan menabung sampah tersebut di bank sampah. Melalui bank sampah, sampah yang disetorkan telah terpilah sehingga memudahkan pengolahan. Hasil pengolahan sampah yang terdapat pada bank sampah dikembalikan kepada warga untuk meningkatkan keindahan dan kesejahteraan lingkungan.

Posted in Uncategorized.