Perencanaan Pembangunan Rumah Sakit Di Daerah

Perencanaan Pembangunan Rumah Sakit Di Daerah

Rumah sakit merupakan salah satu sarana kesehatan masyarakat yang memegang peranan penting. Oleh karena itu pembangunan rumah sakit haruslah dilkukan secara merata di setiap daerah demi terpenuhinya kebutuhan kesehatan masyarakat. Pembangunan rumah sakit di daerah perlu dilakukan adanya perencanaan yang disesuaikan dengan peraturan menteri kesehatan yang berlaku. Perencanaan membutuhkan ahli di bidang konsultan study kelayakan rumah sakit agar pembangunan rumah sakit berjalan dengan baik dan memenuhi standar yang berlaku. Apa saja yang diperlukan dalam merencanakan sebuah pembangunan rumah sakit di daerah?

 

Study Kelayakan Pembangunan Rumah Sakit

 

Study kelayakan pembangunan rumah sakit merupakan suatu proses analisis kebutuhan baik fisik maupun non fisik dalam membangun sebuah rumah sakit yang sesuai dengan standar. Rumah sakit yang dibangun mengikuti tata aturan sesuai dengan standar dari permenkes 2010 yakni menyangkut beberapa komponen dan study kelayakan.

 

Study kelayakan yang dilakukan meliputi analisis kelayakan pembangunan rumah sakit di suatu daerah. Menentukan konsep pengembangan rumah sakit dan produk yang ditawarkan. Produk yang ditawarkan disesuaikan berdasarkan analisis kebutuhan masyarakat sekitar sekaligus analisis kemampuan internal maupun eksternal pengembang. Program pengembangan yang direncanakan meliputi pengembangan kapasitas rumah sakit, serta kelengkapan jenis perwatan medis dan peralatan medis. Pada study kelayakan rumah sakit di tentukan pula sirkulasi pendanaan dan keberlanjutan rumah sakit. Penyusunan study kelayakan pembangunan rumah sakit tentu sangat erat kaitannya konsultan study kelayakan rumah sakit sebagai fasilitator dan penasehat perencanaan pembangunan proyek rumah sakit.

 

Tindak Lanjut Konsultan Study Kelayakan Rumah Sakit

Tahapan study kelayakan merupakan sebuah tahapan awal dalam membangun rumah sakit. Konsultan study kelayakan rumah sakit segera menyusun langkah tindak lanjut berdasarkan hasil study kelayakan pembangunan rumah sakit. Hasil dan kesimpulan dari study kelayakan rumah sakit menghasilkan suatu master plan. Master plan inilah yang kemudian menjadi cikal bakal perencanaan pembangunan rumah sakit. Master plan ini kemudian diuji secara study kelayakan terfokus dan menghasilkan sebuah bisnis plan. Bisnis plan merupakan rancangan terbaik dari study kelayakan rumah sakit yang akan dibangun. Melalui bisnis plan yang telah ditetapkan maka langkah selanjutnya ialah detaile pelaksanaan proyek pembangunan rumah sakit. Konsultan study kelayakan rumah sakit memiliki peran untuk menyarankan beberapa sumber daya teknis dan sumber daya operasional yang berkompeten di bidangnya. Teknis pelaksanaan secara detaile menghasilkan site perencanaan yang terfokus. Pada bagian perencanaan inilah study kelayakan yang dilakukan ditetapkan untuk dilaksanakan.

Posted in Design, Team and tagged .