Jasa Konsultan & Penyusunan Dokumen Amdal

Penyusunan Izin UKL-UPLJasa Konsultan & Penyusuan Dokumen Amdal– Penyusunan dokumen AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup) adalah salah satu hal penting dalam program kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu, kebijakan yang menyangkut penyusunan dokumen AMDAL menjadi sebuah pekerjaan yang bersifat professional. Adapun alasan dibutuhkanya AMDAL ini adalah untuk studi kelayakan serta menjaga lingkungan dari dampak operasi proyek yang mungkin dapat menyebabkan rusaknya lingkungan. Untuk menyusun Dokumen AMDAL, anda tidak perlu melakukanya sendiri, sebab di luar sana ada Jasa Konsultan & Penyusuan Dokumen Amdal yang bisa membantu anda. Adapun tahapan dalam penyusunan dokumen AMDAL adalah.

  1. Penapisan (screening)

Proses penapisan (screening) adalah tahapan untuk menentukan apakah suatu rencana kegiatan atau usaha wajib menyusun dokuman AMDAL atau tidak.

Konsultan Ahli Lingkungan

lingkungan hidup

  1. Pengumuman dan Konsultasi Masyarakat

Setiap kegiatan atau usaha yang diharuskan menyusun dokumen AMDAL mempunyai kewajiban untuk mengumumkan rencana  rencananya kepada masyarakat. Hal ini  bertujuan untuk memperoleh saran dan juga masukan dari masyarakat sekitar sebelum menyusun KA-ANDAL.

  1. Pelingkupan (scoping)

Kegiatan ini adalah langkah awal  untuk  mendapatkan informasi permasalahan dan mengidentifikasi dampak penting terkait rencana kegiatan atau usaha tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menetapkan lingkup studi, menetapkan tingkat kedalaman studi dan menelaah kegiatan lainya yang berhubungan dengan rencana kegiatan atau usaha yang dikaji. Hasil dari proses pelingkupan adalah dokumen KA-ANDAL.

  1. Penilaian KA-ANDAL

Dokumen KA-ANDAL yang sudah disusun lalu diajukan ke Komisi Penilai AMDAL agar bisa dinilai. Waktu penilaian KA-ANDAL sekitar 75 hari.

  1. Penyusunan dan juga penilaian ANDAL, RPL dan RKL

Penyusunan ANDAL, RPL dan RKL didasarkan pada dokumen KA-ANDAL yang sudah disepakati (hasil penilaian dari Komisi AMDAL). Ketika seluruh dokumen tersebut telah selesai disusun, maka pemrakarsa bisa mengajukan seluruh dokumen tersebut ke Komisi Penilai AMDAL agar bisa dinilai. Waktu untuk penilaian ketiga dokumen tersebut adalah 75 hari.

  1. Persetujuan Kelayakan Lingkungan

Ini adalah tahap terakhir dari tahapan penyusunan dokumen AMDAL, yang mana setelah persetujuan sudah keluar, pemrakarsa bisa melanjutkan ke tahapan perizinan yang selanjutnya.

Itulah uraian tentang Jasa Konsultan & Penyusuan Dokumen Amdal. Semoga bermanfaat untuk anda.

Posted in Blog, Informasi, Services and tagged , , , , , , , , .